Sunday, March 27, 2016

Aturan Aljabar Boolen




rangkaian logika dasar

Aturan Aljabar Boolean

Aljabar Boolean memuat variable dan simbul operasi untuk gerbang logika. Simbol yang digunakan pada aljabar Boolean adalah: (.) untuk AND, (+) untuk OR, dan (' ) untuk NOT. Rangkaian logika merupakan gabungan beberapa gerbang
Dalam aljabar boolean digunakan 2 konstanta yaitu logika 0 dan logika 1. ketika logika tersebut diimplementasikan kedalam rangkaian logika maka logika kalau logika 0 bertaraf tegangan rendah (aktive low) sedangkan kalau logika 1 bertaraf tegangan tinggi (aktive high).

aturan – aturan aljabar boolean


1
Commutative
A+B = B+A
A . B = B . A
2
Associative
(A+B)+C = A+(B+C)
(A . B) . C = A . (A+B)
3
Distributive
A . (B+C) = A . B+A . C
A+(B . C) = (A+B) . (A+C)
4
Identity
A+0 = A
A . 1 = A
5
Negation
( A’ ) = A’
( A’ )’ = A
6
Redundant
A+A . B = A
A . (A+B) = A
7
Komplemen
A+A’ = 1
A . A’= 0


A+A = A
A . A = A


A +1 = 1
X . 0 = 0
8
De Morgan’s
(A+B)’ = A’ . B’
(A . B)’ = A’+B’
9
absorption
A+A . B = A
A . (A+B) = A
10

A+A’ . B = A+B A . (A’+B) = A . B



Penyederhanaan Fungsi Boolean


            Penyederhanaan sangat perlu dilakukan untuk membuat suatu fungsi menjadi lebih efisien dan mudah dipahami. Ada tiga cara penyederhanaan fungsi, yaitu: Menggunakan aturan Aljabar Boolean (secara matematis), Menggunakan Karnaugh map (K-map), dan menggunakan tabulasi (Quine McCluskey).
            Contoh dalam menggunakan aturan aljabar Boolean:

K   = ABC’ +A’BC + ABC + A’BC’
      = AB(C + C’) + A’B(C + C’)
      = AB(1) + A’B(1)
      = A(B + B’)
      = A(1)
      = A

L    = (B + C’) C
      = BC + CC’
      = BC + 0
      = BC
Cara kedua adalah menggunakan K-map. Dengan ketentuan sebagai berikut: Setiap kombinasi variabel (minterms) dipetakan ke kotak yang unik, setiap 2n kotak bernilai 1 yang berdekatan (mempunyai beda nomor kotak 1 bit) digabungkan, hasil yang didapatkan dalam bentuk sum of product (SOP), bisa digunakan untuk menyederhanakan fungsi boolean dengan jumlah variabel 2, 3, 4, dst.
Contoh:
Sederhanakan fungsi logika dengan 3 variabel berikut ini : 

Karena bentuk ekspresi fungsi diatas adalah SOP maka pada matrik K-Map kita letakkan angka 1. Sehingga K -Map tersebut akan tampak seperti:

 


sehingga dari K-Map tersebut didapat penyederhanaan fungsi sebagai berikut:



Contoh 2.1:


Sederhanakan fungsi logika dengan 4 variabel berikut ini : 

Maka K-Map akan berbentuk seperti :

sehingga dari K-Map tersebut didapat penyederhanaan fungsi sebagai berikut:

contoh 2.2:
Sederhanakan fungsi logika dengan 4 variabel berikut ini :

karena bentuk ekspresi fungsi diatas adalah POS, maka kita tempatkan 0 pada K- Map. Sehingga K -Map akan tampak seperti berikut:

hasil penyederhanaan K-Map adalah:

Pembuktian Aturan Distributive

1.      A . (B+C) = A . B+A . C  (Terbukti)

a.       Table kebenaran A . (B+C)                      

A
B
C
B+C = X
A . X
0
0
0
0
0
0
0
1
1
0
0
1
0
1
0
0
1
1
1
0
1
0
0
0
0
1
0
1
1
1
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
              















 
  Skema Gerbang Logika

 







                                                      





Percobaan di winBreadBoard

















b.      Table kebenaran (A . B) + (A . C)

A
B
C
A . B= X
A . C= Y
X + Y
0
0
0
0
0
0
0
0
1
0
0
0
0
1
0
0
0
0
0
1
1
0
0
0
1
0
0
0
0
0
1
0
1
0
1
1
1
1
0
1
0
1
1
1
1
1
1
1

             
  Skema Gerbang Logika  
                                                                                







   

 Percobaan dengan WinBreadBoard


Hasilnya sama :
Y
. X
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
1
1
1
1
1
1
                  
                                                      















 Pembuktian dengan winBreadBoard
                                                      
A . (B + C) = (A . B) + (A . C)



 

Tabel kebenaran, rangkaian pada winbreadboard, dan penyederhanaan





A.    Tabel Kebenaran



                   B.     Rangkain pada winBreadBoard 
Menggunakan 3 Gerbang yaitu Nand, Nor, dan Or

 
 

Menggunakan 2 Gerbang yaitu : And dan Or


C.      Penyederhanaan










                Table kebenaran dan pembuktian di winBreadBoard

                                 
                             

                              menggunakan winBreadBoard





1.      Tabel Kebenaran
 


2.      Rangkaian pada winBreadBoard 













3.      Penyederhanaan















Tabel kebenaran



Pembuktian dengan winBreadBoard
 

















Sumber :
http://never-die-blog.blogspot.co.id/2013/09/aljabar-boolean-dan-gerbang-logika.html
http://jayanti-titis.blogspot.co.id/2012/06/teori-aljabar-boolean.html
http://tkj-eldilog.blogspot.co.id/2010/05/aljabar-boolean.html
http://mustarambhayangkara.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-aljabar-boolean-teori-dasar.html

No comments:

Post a Comment