Wednesday, March 16, 2016

Thermostat dan 7 Gerbang Logika Dasar


Alat Berbasis Sistem Digital

Thermostat


Berbicara mengenai termostat mungkin tampak seperti salah satu penemuan yang futuristik. Perangkat kecil ini berguna untuk mengontrol sistem pemanas dan pendingin udara di rumahTermostat modern hampir secara eksklusif digital. Termostat digital menggunakan perangkat sederhana yang disebut termistor untuk mengukur suhu. Ini adalah resistor yang memungkinkan perubahan hambatan listrik dengan suhu . Mikrokontroler di termostat digital dapat mengukur resistensi dan mengkonversi nomor itu untuk pembacaan suhu sebenarnya. Sebuah termostat digital dapat melakukan beberapa hal yang termostat mekanik biasa tidak bisa melakukannya.
Seperti kita ketahui, kita sering kesulitan untuk mengetahui ketika ada masalah dalam sistem pemanas dan pendingin, dan masalah utamanya adalah membutuhkan biaya yang banyak untuk memperbaikinya. Bahkan masalah kecil dapat menyebabkan perbaikan jauh lebih serius dan mahal jika tidak didiagnosis pada waktu yang tepat. Dengan menggunakan termostat, kita dapat menghemat banyak waktu  dan uang karena termostat mengingatkan kita ketika kita perlu memiliki sistem pelayanan. Termostat  juga mengingatkan kapan kita perlu untuk mengubah sistem filter. Mempercepat mengganti filter menurunkan biaya pemanasan dan pendinginan rumah, dan kita juga membantu orang terhindar dari alergi dan asma.
Beberapa termostat bahkan bisa mengenali dan merespon perintah suara. Kita hanya mengatakan kata aktivasi pada "termostat," dengan diikuti perintah seperti "menaikkan" atau "rendah", dan sisanya otomatis. Termostat mampu melakukan hal ini karena mereka menggunakan DSP, atau prosesor sinyal digital, untuk memproses audio dan perkataan. Pertama-tama , DSP menyaring sinyal analog. Kemudian, mikroprosesor merubahnya menjadi sinyal digital. Setelah sinyal dikonversi, mereka dikirim melalui sirkuit terpadu aplikasi-spesifik, atau ASICS, dan thermostat bereaksi secara real time.

Karena termostat adalah aksesoris mutakhir untuk sistem pemanas dan pendingin, mereka dilengkapi dengan semua fungsi user-friendly yang berkualitas. Sebuah fungsi time-delay built-in menjaga sistem kita untuk segera memulai atau menghentikan jika itu sengaja disesuaikan. Berhenti dan memulai sistem HVAC menempatkan banyak keausan pada kompresor, yang merupakan bagian paling mahal dari sistem, sehingga fungsi delay cukup penting. Termostat juga diprogram, yang memungkinkan Anda untuk memanaskan atau mendinginkan rumah Anda hanya bila diperlukan.

7 Gerbang Logika Dasar


Sebagian besar sirkuit elektronik ( di komputer , unit kontrol, dan sebagainya ) terdiri dari gerbang logika. Gerbang logika adalah blok bangunan dasar dari sirkuit digital . Kebanyakan gerbang logika memiliki dua input dan satu output. Disini kita akan mempelajari tentang 7 macam gerbang logika dasar, yaitu:

1.  AND 
Pada gerbang AND sinyal akan on atau outputnya berlogika 1 jika semua inputan berlogika 1, apabila ada satu inputan yang berlogika 0 maka outputnya akan berlogika 0 atau off.

-          Simbol gerbang logika AND


-          Tabel kebenarannya

 











-          IC yang digunakan adalah 7408 dan memiliki 4 gerbang logika didalamnya


  
2.OR
         Pada gerbang OR sinyal akan on atau outputnya berlogika 1 jika semua atau salah satu inputan berlogika 1, apabila semua inputan berlogika 0 maka outputnya akan berlogika 0 atau off.

-          Simbol gerbang logika OR

-          Tabel kebenarannya



-          IC yang digunakan 7432 dan memiliki 4 gerbang logika didalamnya


3. NOT
Gerbang NOT sering disebut juga sebagai inverter (pembalik), dimana nilai outputnya akan bernilai terbalik dengan inputannya.

-          Simbol gerbang logika NOT


-          Tabel kebenarannya




-          IC yang digunakan 7404 dan memiliki 6 gerbang logika didalamnya



4. NAND
Gerbang NAND (Not AND) adalah kebalikan dari gerbang AND, dimana outputannya akan berlogika 0 jika semua inputannya berlogika 1, apabila semua inputan atau salah satu inputan berlogika 0, maka outputannya berlogika 1 atau on.

-          Simbol gerbang logika NAND

 

-          Tabel kebenarannya


-          IC yang digunakan 7400 dan memiliki 4 gerbang logika didalamnya
      
      

5. NOR
Gerbang NOR (Not OR) juga kebalikan dari OR, dimana output akan berlogika 1 jika semua inputan berlogika 0. Apabila semua atau salah satu dari inputan berlogika 1, maka outputnya akan berlogika 0 atau off.

-          Simbol gerbang logika NOR


-          Tabel kebenarannya


-          IC yang digunakan 7402 dan memiliki 4 gerbang logika didalamnya


6. XOR
Gerbang XOR (Exclusive OR) adalah gerbang logika dimana outputnya akan berlogika 1 atau on apabila semua inputannya berbeda, jika inputannya berlogika sama, maka output akan berlogika 0 atau off.

-          Simbol gerbang logika XOR

-          Tabel kebenarannya


-          IC yang digunakan 7486 dan memiliki 4 gerbang logika didalamnya

      

7. XNOR
Gerbang XNOR (Exclusive Not OR) merupakan kebalikan dari gerbang logika XOR, dimana output akan berlogika 1 atau on apabila inputannya berlogika sama. Jika inputannya berbeda, maka output akan berlogika 0 atau off.

-          Simbol gerbang logika XNOR


-          Tabel kebenarannya


-          IC yang digunakan 74266 dan memiliki 4 gerbang logika didalamnya


No comments:

Post a Comment