Wednesday, March 16, 2016

Smartwatch dan 7 Gerabang Logika Dasar

Smartwatch


Dewasa ini sering kita mendengar tentang smartphone dan smart TV.

Bagaimana dengan Smartwatch ? Apa itu Smartwatch ?

Smartwatch adalah jam tangan digital yang lebih canggih daripada jam tangan biasa. Karena tidak hanya sebagai penunjuk waktu, tapi bisa berfungsi juga seperti smartphone.

Bagaimana cara kerja Smartwatch ?


Smartwatch bekerja dengan Bluetooth yang dihubungkan dengan perangkat smartphone / tablet. Untuk pengaturang yang mudah dan cepat bisa digunakan NFC chips.
Untuk menggantikan fungsi keypad, smartwatch mempunyai softkey yang dioperasikan dengan touchscreen. Layar smartwatch akan menyerupai layar smartphone apabila disentuh. Jika tidak disentuh hanya menampilkan waktu seperti jam tangan biasa.

Untuk menggunakan smartwatch jangan lupa untuk menghubungkan terlebih dahulu dengan smartphone kita. Tapi perlu diingat, smartwatch hanya bisa bekerja dengan sistem operasi yang sama. Seperti smartwatch android dengan smartphone android, Galaxy Gear dengan Samsung, Apple Watch dengan iPhone, dst.
Dengan smartwatch terhubung ke internet, kita tidak perlu repot untuk mengeluarkan smartphone / tablet yang ada di saku / tas. Karena pemberitahuan SMS, email, telepon, jejaring social dapat diakses dengan smartwatch.
Beberapa smartwatch memiliki aplikasi bagi penggemar olahraga. Dengan begitu kita dapat diketahui berapa jarak yang ditempuh, rute, maupun putaran selama lari, disertai dengan engukur detak jantung dan sensor irama.

Berikut review dari salah satu Apple Watch J


Ditawarkan dengan berbagai macam bahan : stainless steel, aluminium, emas 18K, dan yang terbaru berbentuk seperti gelang yang bisa menyesuaikan pergelangan tangan.  Fitur canggih sudah ditanamkan di Apple Watch, seperti :
·         Wifi yang memudahkan untuk terhubung dengan internet, tidak hanya dari smartphone tapi juga bisa dari hotspot di sekitar kita.
·         Apple Watch memungkinkan kita untuk menelpon dan membalas SMS dengan perintah suara.
·         Apple Watch lebih hemat baterai, karena jika tidak digunakan layar akan mati. Dan untuk mengetahui waktu, cukup dengan mengibaskan tangan saja.
·         Pemberitahuan akan terlihat secara runtut sesuai waktunya.
·         Apple Watch cocok bagi penggemar olahraga, karena mempunyai aplikasi sendiri, bagi yang memiliki hobi lari, bersepeda, jalan, gym.
·         Tahan air.


Banyak merk smartwatch yang menawarkan beragam fitur dan design seperti : Pebble Time, LG Watch Urbane, Asus ZenWatch 2, Huawei Watch, Sony Smartwatch 3, Moto 360, Apple Watch 2, Samsung Gear S2.
Karena banyak fitur, pastikan membeli smatwatch kompatibel dengan smartphone dan sesuaikan dengan kegunaaan yang dibutuhkan  yaa J



7 Gerbang Logika Dasar

Terdapat 7 jenis Gerbang Logika Dasar yang membentuk sebuah Sistem Elektronika Digital, yaitu :

1.     Gerbang AND (AND Gate)

Simbol "And"

Gerbang AND memerlukan 2 atau lebih  Input untuk menghasilkan hanya 1 Output. Gerbang AND akan menghasilkan Output Logika 1 jika semua Input bernilai Logika 1 dan akan menghasilkan Output Logika 0 jika salah satu dari Input bernilai Logika 0. Simbol yang menandakan Operasi Gerbang Logika AND adalah tanda titik (“.”) atau tidak memakai tanda sama sekali. Contohnya : Z = A.B atau Z = AB


IC TTL 7408

A
B
Z
0
0
0
0
1
0
1
0
0
1
1
1
Tabel Kebenaran "And"


2.     Gerbang OR (OR Gate)

Simbol "OR"

Gerbang OR memerlukan 2 atau lebih Masukan (Input) untuk menghasilkan hanya 1 Keluaran (Output). Gerbang OR akan menghasilkan Keluaran (Output) 1 jika salah satu dari Masukan (Input) bernilai Logika 1 dan jika ingin menghasilkan Keluaran (Output) Logika 0, maka semua Masukan (Input) harus bernilai Logika 0. Simbol yang menandakan Operasi Logika OR adalah tanda Plus (“+”). Contohnya : Z = A + B.

IC TTL 7432

A
B
Z
0
0
0
0
1
1
1
0
1
1
1
1
Tabel Kebenaran "OR"


3.     Gerbang NOT (NOT Gate)

Simbol "NOT"

Gerbang NOT hanya memerlukan sebuah Masukan (Input) untuk menghasilkan hanya 1 Keluaran (Output). Gerbang NOT disebut juga dengan Inverter (Pembalik) karena menghasilkan Keluaran (Output) yang berlawanan (kebalikan) dengan Masukan atau Inputnya. Berarti jika kita ingin mendapatkan Keluaran (Output) dengan nilai Logika 0 maka Input atau Masukannya harus bernilai Logika 1. Gerbang NOT biasanya dilambangkan dengan simbol minus (“-“) di atas Variabel Inputnya.

IC TTL 7404

A
Z
0
1
1
0
Tabel Kebenaran "NOT"


4.     Gerbang NAND (NAND Gate)

Simbol "NAND"

Arti NAND adalah NOT AND atau BUKAN AND, Gerbang NAND merupakan kombinasi dari Gerbang AND dan Gerbang NOT yang menghasilkan kebalikan dari Keluaran (Output) Gerbang AND. Gerbang NAND akan menghasilkan Keluaran Logika 0 apabila semua Masukan (Input) pada Logika 1 dan jika terdapat sebuah Input yang bernilai Logika 0 maka akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 1.

IC TTL 7400
A
B
Z
0
0
1
0
1
1
1
0
1
1
1
0
Tabel Kebenaran "NAND"


5.     Gerbang NOR (NOR Gate)

Simbol "NOR"

Arti NOR adalah NOT OR atau BUKAN OR, Gerbang NOR merupakan kombinasi dari Gerbang OR dan Gerbang NOT yang menghasilkan kebalikan dari Keluaran (Output) Gerbang OR. Gerbang NOR akan menghasilkan Keluaran Logika 0 jika salah satu dari Masukan (Input) bernilai Logika 1 dan jika ingin mendapatkan Keluaran Logika 1, maka semua Masukan (Input) harus bernilai Logika 0.

IC TTL 7402

A
B
Z
0
0
1
0
1
0
1
0
0
1
1
0
Tabel Kebenaran "NOR"


6.     Gerbang X-OR (X-OR Gate)

Simbol "X-OR"

X-OR adalah singkatan dari Exclusive OR yang terdiri dari 2 Masukan (Input) dan 1 Keluaran (Output) Logika. Gerbang X-OR akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 1 jika semua Masukan-masukannya (Input) mempunyai nilai Logika yang berbeda. Jika nilai Logika Inputnya sama, maka akan memberikan hasil Keluaran Logika 0.

IC TTL 7486
A
B
Z
0
0
0
0
1
1
1
0
1
1
1
0
Tabel Kebenaran "X-OR"



7.     Gerbang X-NOR (X-NOR Gate)

Simbol "X-NOR"
Seperti Gerbang X-OR,  Gerban X-NOR juga terdiri dari 2 Masukan (Input) dan 1 Keluaran (Output). X-NOR adalah singkatan dari Exclusive NOR dan merupakan kombinasi dari Gerbang X-OR dan Gerbang NOT. Gerbang X-NOR akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 1 jika semua Masukan atau Inputnya bernilai Logika yang sama dan akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 0 jika semua Masukan atau Inputnya bernilai Logika yang berbeda. Hal ini merupakan kebalikan dari Gerbang X-OR (Exclusive OR).

IC TTL 74266
A
B
Z
0
0
1
0
1
0
1
0
0
1
1
1
Tabel Kebenaran "X-NOR"



Sumber :
http://www.ee.surrey.ac.uk/Projects/CAL/digital-logic/gatesfunc/index.html

No comments:

Post a Comment