Tuesday, March 15, 2016

GERBANG LOGIKA DASAR, KENALI YUK HABIS ITU FAHAMI , OKE !

   
      Disini kita akan mempelajari tentang gerbang logika dasar. Apasih gerbang logika dasar itu ? Mengapa kita harus mempelajarinya ? rumit nggak sih ? Nah, pasti sebelum mengetahui secara lanjut pasti kalian pernah berfikir seperti apa yang saya tuliskan diatas , penasaran kan ? 
      Nah, tanpa basa – basi yuk kita mulai mengenali.   


     Di dalam dunia elektronika gerbang logika diartikan sebagai  suatu perangkat fisik yang mampu melaksanakan fungsi Boolean, dimana dapat memproses beberapa inputan dan menghasilkan suatu output tunggal. Namun, kebanyakan dari gerbang logika menggunakan 2 inputan.
      Input dan output dalam gerbang logika biasanya direpresentasikan dalam sistem binary yaitu dengan angka 0 dan 1 yang mewakili tegangan(V). Angka 0 mewakili tegangan rendah yaitu 0 Volt, sedangkan angka 1 mewakili tegangan 1 sampai 5 Volt.

       Ada 7 bentuk gerbang logika yaitu AND , OR , NOT , NAND, NOR, XOR , dan XNOR. 

Yuk ! kita pelajari dan difahami satu satu .

1. GERBANG AND

 
      Gerbang AND akan berlogika 1 atau output akan berlogika 1 apabila semua input berlogika 1 , namun apabila semua atau salah satu input berlogika 0 maka outputnya juga akan berlogika 0. 
      IC yang digunakan dalam logika AND adalah IC TTL 7408 dengan jumlah kaki 14 dimana kaki nomor 7 adalah ground dan kaki nomor 14 adalah VCC (+) 5 Volt

Berikut adalah gambar IC nya :
 


 TABEL KEBENARAN GERBANG AND

Cara menguji tabel kebenaran menggunakan winbreadboard :

 

2. GERBANG OR
 


      Gerbang OR akan berlogika 1 apabila salah satu atau semua inputan yang dimasukkan bernilai 1 dan apabila output yang di inginkan berlogika 0 maka inputan yang dimasukkan harus bernilai 0 semua.
      IC yang digunakan dalam logika OR adalah adalah IC TTL 7432 yang di dalamnya terdapat 4 gerbang OR , 14 kaki , kaki nomor 14 berfungsi sebagai VCC(+) 5 Volt dan kaki nomor 7 berfungsi sebagai ground. 

Berikut adalah gambar IC nya :

 TABEL KEBENARAN GERBANG OR 


Cara menguji tabel kebenaran menggunakan winbreadboard :

 

3. GERBANG NOT


       Gerbang NOT berfungsi sebagai pembalik (Inverter), yang mana outputnya akan bernilai terbalik dengan inputannya.
       IC yang digunakan dalam logika NOT adalah adalah IC TTL 7404 yang di dalamnya terdapat 6 gerbang NOT , 14 kaki , kaki nomor 14 berfungsi sebagai VCC(+) 5 Volt dan kaki nomor 7 berfungsi sebagai ground. 

Berikut adalah gambar IC nya :

  
 
TABEL KEBENARAN GERBANG NOT

 
Cara menguji tabel kebenaran menggunakan winbreadboard :

 
 
 4. GERBANG NAND (NOT AND)


      Gerbang NAND mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal input tetapi hanya satu sinyal output. Dalam gerbang NAND, apabila salah satu input berlogika 0 maka output akan berlogika 1 . gerbang NAND merupakan kebalikan dari gerbang AND 

    IC yang digunakan dalam logika NAND adalah adalah IC TTL 7400 yang di dalamnya terdapat 4 gerbang NAND , 14 kaki , kaki nomor 14 berfungsi sebagai VCC(+) 5 Volt dan kaki nomor 7 berfungsi sebagai ground.

Berikut adalah gambar IC nya :



TABEL KEBENARAN GERBANG NAND
Cara menguji tabel kebenaran menggunakan winbreadboard :

 

5. GERBANG NOR (NOT OR)  





       Gerbang NOR mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal input tetapi hanya satu sinyal output. Dalam gerbang NOR, untuk menghasilkan sinyal keluaran berlogika 1 maka semua inputnya harus berlogika 0. Gerbang NOR merupakan kebalikan dari gerbang OR.
      IC yang digunakan dalam logika NOR adalah adalah IC TTL 7402 yang di dalamnya terdapat 4 gerbang NOR , 14 kaki , kaki nomor 14 berfungsi sebagai VCC(+) 5 Volt dan kaki nomor 7 berfungsi sebagai ground.

Berikut adalah gambar IC nya :
TABEL KEBENARAN GERBANG NOR

 Cara menguji tabel kebenaran menggunakan winbreadboard :

 

 6. GERBANG XOR (Exclusive OR)

      Gerbang X-OR mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal input tetapi hanya satu sinyal output. Dalam gerbang X-OR, untuk menghasilkan sinyal keluaran berlogika 1 maka semua sinyal masukan harus bernilai berbeda. Kenapa disebut Exclusive karena dia akan berlogika satu apabila inputannya berbeda. 
     IC yang digunakan dalam logika X-OR adalah adalah IC TTL 7486 yang di dalamnya terdapat 4 gerbang XOR , 14 kaki , kaki nomor 14 berfungsi sebagai VCC(+) 5 Volt dan kaki nomor 7 berfungsi sebagai ground.


Berikut adalah gambar IC nya :



 TABEL KEBENARAN GERBANG X-OR

Cara menguji tabel kebenaran menggunakan winbreadboard :


 7. GERBANG XNOR (Exclusive NOR)

   

        Gerbang X-NOR mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal input tetapi hanya satu sinyal output. Dalam gerbang X-NOR, untuk menghasilkan sinyal keluaran berlogika 1 maka semua sinyal masukan harus bernilai sama.
       IC yang digunakan dalam logika X-NOR adalah adalah IC TTL 74266 yang di dalamnya terdapat 4 gerbang X-NOR , 14 kaki , kaki nomor 14 berfungsi sebagai VCC(+) 5 Volt dan kaki nomor 7 berfungsi sebagai ground.

Berikut adalah gambar IC nya :

TABEL KEBENARAN GERBANG X-NOR



        Nah, setelah kita memahami tentang gerbang logika dasar, yok kita pelajari alat – alat yang menggunakan sistem digital. 

1. STOPWATCH DIGITAL 

http://www.australpool.com.au/uploaded/images/products/timing_stopwatch_pswat898m_c05_114155048.jpg 

Stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan dalam kegiatan.Stopwatch secara khas dirancang untuk memulai dengan menekan tombol diatas dan berhenti sehingga suatu waktu detik ditampilkan sebagai waktu yang berlalu. Kemudian dengan menekan tombol diatas yang kedua kali  kemudian memasang lagi stopwatch pada nol.

Skematik rangkaian stopwatch digital :




 2. TENSIMETER DIGITAL

 

Dengan kemajuan teknologi pada saat ini terutama dibidang elektronika penggunaan sistem digital semakin banyak diminati karena penggunaannya yang simple, salah satu penggunaan sistem digital tersebut adalah pada pengukuran tekanan darah pada manusia. Dalam perencanaan dan pembuatan tensi digital dilakukan dengan menggunakan mikrokontroler AT89C51 untuk pengolahan data, op-amp sebagai pengkondisi sinyal, ADC 0804 untuk converter dari sinyal analog ke digital. Tampilan dari displalmya berupa LCD. Dan output suaranya pada rangkaian suara(IsD 2590) Tampilan pada display ini nantinya akan bekerja secara otomatis berdasarkan program yang telah diset ke dalam IC AT8C51. Program yang telah diset tersebut menggunakan bahasa pemrograman Assembly.

3. JAM DIGITAL  





Jam ini menampilkan waktu ( jam , menit , detik ) secara digital. Nah , bagaimana sih rangkaian jam digital itu ? dan apa hubungannya dengan gerbang logika dasar ? Nah, cus kita pelajari
Rangkaian Jam Digital adalah rangkaian yang dirancang sedemikian rupa sehingga mirip sebuah jam yang memiliki penunjukan lebih teliti terhadap bilangan detik, menit hingga jam dengan memakai sistem dua puluh empat jam. Rangkaian ini juga bekerja dengan cara asinkron berupa pencacah naik. Untuk menampilkan waktu, rangkaian ini dilengkapi dengan empat buah penampil dan tujuah buah ruas lampu LED.

 Gambar Skema Rangkaian Pada Jam Digital
 






      Pada simulasi EWB digunakan gerbang AND biasa untuk menyederhanakan rangkaian simulasi, namun pada prakteknya dapatdigunakan IC 7408 yaitu empat rangkap gerbang AND dengan dua input.
      Nah , sekarang sudah tahu kana pa itu gerbang logika dasar dan alat – alat yang menggunakan sistem digital ? kalo sudah mudeng Alhamdulillah . Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membaca dan yang menulis. Amin.

Sumber :




No comments:

Post a Comment