Tuesday, March 15, 2016

Perhiasan Digital dan 7 Gerbang Logika Dasar


Perhiasan Kekinian Merambah
Sistem Digital


Perhiasan dikenakan untuk berbagai alasan, misalnya untuk keindahan, membuat orang lain terkesan, atau hanya sebagai simbol  atau komitmen semata. Pada dasarnya tujuan dari mengenakan perhiasan praktis sangat sedikit bukan? Ya, ini membuat peneliti memutar otak mencari cara untuk mengubah cara berfikir kita tentang manik-manik atau bola yang kita kenakan. Gelombang yang akan datang perhiasan akan memiliki beberapa fungsi, yaitu ponsel, asisten pribadi digital (APD) dan penerima GPS.


Menyusutnya perangkat komputer dan semakin kuatnya daya komputer memungkinkan perusahaan memproduksi fashion perhiasan  dengan kepintaran yang tertanam. Produsen menempatkan jutaan transistor pada microchip, yang dapat digunakan untuk membuat perangkat kecil yang menyimpan data digital dalam skala ton. Para peneliti telah menciptakan sebuah array dari prototipe perhiasan digital.

"Kami telah membuat salah satu dari hampir segala sesuatu kecuali cincin lidah," kata Dan Russell, manajer senior IBM Almaden Research Lab, di mana IBM sedang mengembangkan teknologi perhiasan digital.

Russell mengatakan bahwa perhiasan digital adalah awal dari disintegrasi komputer pribadi menjadi potongan-potongan kecil. Pada artikel kali ini anda dapat melihat dan membaca betapa canggih dan majunya dunia IT. Perhiasan berbentuk microdevices, betapa mereka membuat hari- hari dalam berkomunikasi dan komputasi bisa di manapun anda berada!



Wajah Baru Ponsel Konvensional
 

Ponsel akan memiliki wajah baru, bahkan tanpa bentuk. Dulu yang hanya satu akan dipecah menjadi beberapa bagian dasar dari perhiasan digital. Setiap bagian berisi fraksi dari komponen yang ditemukan pada ponsel konvensional, menurut IBM. Bersama-sma perhiasan digital ini harus bekerja seperti ponsel konvensional.
Ini dia komponen yang ada dalam ponsel:

  • Mikropon
  • Receiver
  • Touchpad
  • Layar
  • Papan sirkuit
  • Antena
  • Baterai
IBM telah mengembangkan prototipe dari ponsel yang terdiri dari beberapa potong perhiasan digital yang akan bekerja sama secara nirkabel, mungkin dengan teknologi nirkabel Bluetooth, untuk melakukan fungsi komponen di atas.     
Berikut adalah bagian dari perhiasan digital milik IBM dan fungsinya:
  1. AntingPengeras suara tertanam ke anting-anting ini akan menjadi penerima telepon.
  2. Kalung - Pengguna akan berbicara ke mikrofon yang tertanam pada kalung ini. 
  3. Cincin - Mungkin bagian paling menarik dari ponsel, ini "cincin ajaib pembaca sandi" dilengkapi dengan dioda pemancar cahaya (LED) yang berkedip untuk menunjukkan panggilan masuk. Hal ini juga dapat diprogram untuk flash warna yang berbeda untuk mengidentifikasi penelepon tertentu atau menunjukkan pentingnya panggilan. 
  4. Gelang - Dilengkapi dengan layar video graphics array (VGA), layar pada  pergelangan ini juga bisa digunakan 


Keypad dan fungsi memanggil (menelepon) dapat diintegrasikan ke dalam gelang atau bahkan dihilangkan. Kemungkinan hanya dengan menyebutkan nama dari orang yang kontaknya telah tersimpan sebelumnya otomatis dapat menelepon orang tersebut.WOW KEREN!! 
Pemberitahuan pada cincin ditandai berkedipnya LED pada cincin. Pemberitahuan dapat berupa adanya pesan, panggilan, atau alarm, dll.




Mouse dan monitor, benarkah akan terlupakan?
 
Dua komponen yang paling dapat diidentifikasi dari komputer pribadi adalah mouse dan monitor. Perangkat ini akrab bagi kita seperti seperangkat televisi. Namun, dalam dekade berikutnya, kita bisa menyaksikan hilangnya perangkat ini? Setidaknya dalam bentuk mereka saat ini?

Beberapa perusahaan, termasuk IBM dan Charmed Teknologi, mencari cara untuk membuat head-mounted display. IBM juga bekerja untuk mengecilkan mouse komputer dengan ukuran cincin dan membuat tampilan dikenakan di pergelangan tangan.    

Mouse-cincin yang IBM sedang kembangkan akan menggunakan perusahaan teknologi TrackPoint secara nirkabel memindahkan kursor pada layar komputer-monitor. Anda mungkin paling akrab dengan TrackPoint sebagai tombol kecil tertanam di keyboard dari beberapa laptop?

Para peneliti IBM telah ditransfer teknologi TrackPoint untuk cincin, yang terlihat seperti cincin hitam-mutiara. Di atas ring adalah bola hitam kecil yang pengguna akan putar untuk memindahkan kursor, dengan cara yang sama bahwa tombol TrackPoint pada laptop digunakan.

Sementara IBM masih dalam tahap pengembangan, Charmed Teknologi sudah memasarkan perhiasan digital, termasuk layar lensa mata yang futuristik. lensa mata adalah komponen layar dari perusahaan Charmed Communicator, sebuah wearable, wireless, broadband-Internet perangkat yang dapat dikendalikan oleh suara, pena atau keypad genggam. Perusahaan mengatakan bahwa perangkat bisa siap untuk pasar mainstream pada akhir 2001 atau awal 2002. Communicator yang dapat digunakan sebagai pemutar MP3, pemutar video dan telepon seluler. Communicator berjalan pada berbasis Linux sistem Nanix operasi perusahaan.

The Java Ring
 
Tampaknya jika kita mengakses sesuatu bertemu lock, key, atau password. Bahkan, perangkat yang kita gunakan dilindungi oleh password. Dallas Semiconductor sedang mengembangkan berbasis Java, cincin komputerisasi baru yang secara otomatis akan membuka pintu dan masuk ke komputer. Alhamdulillah....



The Java Ring, pertama kali diperkenalkan di JavaOne Conference, telah diuji di Celebration Sekolah, inovatif K-12 sekolah di luar Orlando, FL. Cincin yang diberikan kepada siswa yang diprogram dengan applet Java yang berkomunikasi dengan aplikasi host di sistem jaringan. Applet adalah aplikasi kecil yang dirancang untuk dijalankan dalam aplikasi lain. Cincin yang terbuat dari stainless-steel, 16-milimeter (0,6 inci) dengan diameter, yang memiliki prosesor 1-juta-transistor, disebut iButton. Cincin memiliki 134 KB RAM, 32 KB dari ROM, jam real-time dan mesin virtual Java, yang merupakan bagian dari perangkat lunak yang mengakui bahasa Jawa dan menerjemahkannya untuk sistem komputer pengguna.

Pada Perayaan Sekolah, cincin telah diprogram untuk menyimpan uang tunai elektronik untuk membayar makan siang, secara otomatis membuka pintu, absensi, menyimpan informasi medis siswa dan memungkinkan siswa untuk memeriksa buku-buku. Semua informasi ini disimpan pada cincin iButton. Siswa cukup tekan meterai The Java Ring mereka terhadap reseptor Blue Dot, dan sistem yang terhubung ke reseptor melakukan fungsi yang menginstruksikan .  


Komputasi mobile mulai memutus rantai yang mengikat kita untuk meja kita, tapi banyak dari perangkat mobile saat ini masih sedikit canggung untuk membawa sekitarnya. Dalam usia berikutnya dari komputasi, kita akan melihat ledakan bagian komputer di seluruh tubuh kita, bukan di desktop kita. Perhiasan digital, dirancang untuk melengkapi komputer pribadi, akan menjadi evolusi dalam teknologi digital yang membuat elemen-elemen komputer sepenuhnya kompatibel dengan bentuk manusia.



Sumber:
http://electronics.howstuffworks.com/gadgets/home/digital-jewelry.htm




Seven Basic Logic Gates (Tujuh Gerbang Logika Dasar)


Sistem digital dikatakan dibangun dengan menggunakan gerbang logika. Derbang ini adalah AND, OR, NOT, NAND, NOR, EXOR dan EXNOR gerbang. Operasi dasar yang dijelaskan di bawah dengan bantuan tabel kebenaran.
Logika biner hanya ada dua, yaitu 1 dan 0 atau 'on dan off,' NOT di dunia logika biner oleh karena itu berarti 'kebalikan'. Jika ada sesuatu yang tidak 1 itu harus 0, jika tidak on, maka itu mati. Jadi NAND (tidak AND) hanya berarti bahwa gerbang NAND melakukan fungsi berlawanan dengan gerbang AND.          

Sebuah gerbang logika adalah transistor sirkuit kecil, pada dasarnya jenis amplifier, yang diimplementasikan dalam bentuk yang berbeda dalam sirkuit terpadu. Setiap jenis gerbang memiliki satu atau lebih (paling sering dua) input dan satu output.   

Prinsip operasinya, rangkaian beroperasi pada dua level tegangan, disebut logika 0 dan logika 1. Ketika salah satu dari tingkat tegangan ini diterapkan pada input, output dari gerbang merespon dengan asumsi 1 atau 0 level, tergantung pada logika tertentu dari gerbang. Aturan logika untuk setiap jenis gerbang dapat digambarkan dengan cara yang berbeda, dengan penjelasan tertulis dari tindakan, dengan tabel kebenaran, atau dengan pernyataan aljabar Boolean.    

Tabel 2.1.1 menunjukkan masing-masing tujuh gerbang logika dasar, yang dapat diilustrasikan dengan baik "Distinctive Shape" ANSI simbol IEC persegi panjang, dan keterangan tertulis dari fungsi logika dibandingkan dengan persamaan Boolean nya.


Berikut ini adalah tujuh gerbang logika AND, OR, NOT, NAND, NOR, EXOR dan EXNOR. Operasi dasar yang dijelaskan di bawah dengan bantuan tabel kebenaran dan ICs.


     1. Gerbang AND




 
IC 7408
Gerbang adalah sebuah sirkuit elektronik yang memberikan output yang tinggi (1) hanya jika semua input yang tinggi. Sebuah titik (.) Digunakan untuk menunjukkan operasi AND yaitu A.B. Ingatlah bahwa titik ini kadang-kadang dihilangkan yaitu AB. 


2. Gerbang OR   

          
 
IC 7432           
Gerbang OR adalah sebuah sirkuit elektronik yang memberikan output yang tinggi (1) jika satu atau lebih dari input yang tinggi. A plus (+) digunakan untuk menunjukkan operasi OR.   
   
 3. Gerbang NOT

  

 IC 7404                  
Gerbang NOT adalah sebuah sirkuit elektronik yang menghasilkan versi terbalik dari input pada output. Ia  juga dikenal sebagai inverter. Jika variabel input A, output terbalik dikenal sebagai NOT A. Hal ini juga ditunjukkan sebagai A', atau A dengan bar di atas, seperti yang ditunjukkan pada output. 
 
4. Gerbang NAND    
    
 
IC 7400         
Ini adalah gerbang NAND yang sama dengan sebuah gerbang diikuti dengan gerbang NOT. Output dari semua gerbang NAND tinggi jika salah satu input yang rendah. Simbol adalah gerbang AND dengan lingkaran kecil pada output. Lingkaran kecil mewakili inversi.

    
5. Gerbang NOR       

    


 
IC 7402                           
Gerbang NOT-OR yang sama dengan sebuah gerbang OR diikuti dengan gerbang NOT. Output dari semua NOR gerbang rendah jika salah satu input yang tinggi. Simbol adalah sebuah gerbang OR dengan lingkaran kecil pada output. Lingkaran kecil mewakili inversi.


6. Gerbang EXOR       

 
  

IC 7040            
Gerbang 'Exclusive-OR' adalah sirkuit yang akan memberikan output yang tinggi jika salah, tetapi tidak keduanya, dari dua input yang tinggi. Sebuah dikelilingi tanda plus (+) digunakan untuk menunjukkan operasi EXOR.

7. Gerbang EXNOR   
 

IC 7486                     
The 'Eksklusif-NOR' gerbang sirkuit tidak sebaliknya ke gerbang EXOR. Ini akan memberikan output yang rendah jika salah, tetapi tidak keduanya, dari dua input yang tinggi. Simbol merupakan gerbang EXOR dengan lingkaran kecil pada output. Lingkaran kecil mewakili inversi.

** gerbang NAND dan NOR disebut fungsi yang universal karena fungsi dengan salah satu AND dan OR dan tidak dapat dihasilkan.    


Tabel 1: gerbang Logika representasi menggunakan tabel kebenaran


 

Tabel 1 adalah tabel ringkasan kebenaran kombinasi input / output untuk gerbang NOT bersama-sama dengan semua kemungkinan kombinasi input / output untuk fungsi gerbang lain. Juga mencatat bahwa tabel kebenaran dengan 'n' input memiliki baris 2n. Anda dapat membandingkan output dari gerbang yang berbeda.




Sumber:
http://www.ee.surrey.ac.uk/Projects/CAL/digital-logic/gatesfunc/#logicgates
 

No comments:

Post a Comment