Sunday, March 15, 2015

Praktek Gerbang Logika dengan Aplikasi WinBreadBoard

Apa itu WinBreadBoard?
WindBreadBoard adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk perencanaan simulasi gerbang logika. Aplikasi ini digunakan untuk mengetes sebuah gerbang logika, apakah dapat dijalankan atau tidak. 
Lalu, bagaimana cara untuk agar dapat melakukan simulasi? Disini, kita akan membahas cara menggunakan aplikasi WinBreadBoard, dengan melakukan simulasi AND Gate, NOT Gate, OR Gate, dan XOR Gate....



AND GATE 
AND GATE


Keterangan : 
Pada gerbang AND, dan simulasi di ON kan. Jika kedua switch di ON kan maka lampu kan menyala. dan jika salah satu atau kedua switch di OFF kan. maka lampu kan mati atau OFF.

Simulasi AND GATE dengan aplikasi

Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=spCRFw9VFKw


Breadboard AND Gate :
Schematic AND Gate :


NOT GATE


Keterangan : 
Pada gerbang NOT, dan simulasi di ON kan. Jika switc dinyalakan maka lampu akan mati atau OFF, dan jika switch di OFF kan maka lampu akan menyala. karena NOT gate hanya terdiri dari switch.




Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=DY6SyHw1jpE



Breadboard NOT : 


Schematic NOT  : 





OR GATE


Keterangan : 
Pada gerbang OR, dan simulasi di ON kan. Jika salah satu atau kedua switch di ON kan maka lampu kan menyala. dan jika salah satu atau kedua switch di OFF kan. maka lampu kan mati atau OFF.





Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=LiIv2Sqy1Xw

Breadboard OR : 


Schematic OR : 


XOR GATE


Keterangan : 
Pada gerbang XOR, dan simulasi di ON kan. Jika kedua switch di ON atau di OFF kan maka lampu akan mati atau OFF, dan jika salah satu  switch di ON atau OFF kan. maka lampu kan menyala atau ON.




Breadboard : 




Schematic XOR : 



- By : Alif Abdi Hanif Nurfana - 

No comments:

Post a Comment