Sunday, March 8, 2015

Ponsel Digital Dan Tujuh Gerbang Logika



Ponsel Digital

Cell Phone Image Gallery 
Ponsel Digital (smartphone) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang menyerupai komputer.
Tidak hanya bisa berbicara satu sama lain pada smartphone, tapi bisa juga membuat teks, memutar musik atau permainan, mendapatkan petunjuk, mengambil gambar, memeriksa e-mail, menemukan restoran besar, surfing internet, menonton film.
Berikut adalah daftar dari beberapa kemampuan tambahan Smartphone:

Mengelola informasi pribadi Anda termasuk catatan, kalender dan to-do list.Berkomunikasi dengan laptop atau komputer desktop.Data sinkronisasi dengan aplikasi seperti program kalender iCal Microsoft    Outlook dan Apple.

Aplikasi tuan rumah seperti program pengolah kata atau video game.Memindai tanda terima.Menguangkan cek.
 

Membayar tagihan dengan men-download aplikasi seperti PayPal dan CardStarMemungkinkan Anda untuk membuat jaringan WiFi yang beberapa perangkat dapat menggunakan secara bersamaan. 
 

 Sumber : http://electronics.howstuffworks.com/smartphone.htm

Tujuh Gerbang Logika

Sistem digital dikatakan dibangun dengan menggunakan gerbang logika. Gerbang ini adalah AND, OR, NOT, NAND, NOR, EXOR dan EXNOR gerbang. Operasi dasar dijelaskan di bawah ini dengan bantuan tabel kebenaran.


Gerbang AND
 
        

Gerbang adalah sirkuit elektronik yang memberikan output yang tinggi (1) hanya jika semua input yang tinggi. Sebuah titik (.) Digunakan untuk menunjukkan operasi AND yaitu AB Ingatlah bahwa titik ini kadang-kadang dihilangkan yaitu AB.

Gerbang OR
        
    


Gerbang OR adalah sirkuit elektronik yang memberikan output yang tinggi (1) jika satu atau lebih dari input yang tinggi. A plus (+) digunakan untuk menunjukkan operasi OR.

Gerbang NOT
        
Gerbang NOT adalah sebuah sirkuit elektronik yang menghasilkan versi terbalik dari input pada output. Hal ini juga dikenal sebagai inverter. Jika variabel input adalah A, output terbalik dikenal sebagai NOT A. Hal ini juga ditunjukkan sebagai A ', atau A dengan bar di atas, seperti yang ditunjukkan pada output. Diagram di bawah ini menunjukkan dua cara bahwa NAND gerbang logika dapat dikonfigurasi untuk menghasilkan sebuah gerbang NOT. Hal ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan NOR gerbang logika dengan cara yang sama.

Gerbang NAND
        
Ini adalah gerbang NOT-AND yang sama dengan sebuah gerbang diikuti oleh gerbang NOT. Output dari semua gerbang NAND tinggi jika salah satu input yang rendah. Simbol gerbang AND dengan lingkaran kecil pada output. Lingkaran kecil merupakan inversi. 

Gerbang NOR
       
Ini adalah gerbang NOT-OR yang sama dengan sebuah gerbang OR diikuti oleh gerbang NOT. Output dari semua gerbang NOR rendah jika salah satu input yang tinggi.
Simbol sebuah gerbang OR dengan lingkaran kecil pada output. Lingkaran kecil merupakan inversi.
 

Gerbang EXOR
       
Pintu gerbang 'Exclusive-OR' adalah sirkuit yang akan memberikan output yang tinggi jika salah, tetapi tidak keduanya, dari dua input yang tinggi. Sebuah dikelilingi tanda plus (+) digunakan untuk menunjukkan operasi EOR.

Gerbang EXNOR
      
'Eksklusif-NOR' sirkuit gerbang tidak sebaliknya ke gerbang EOR. Ini akan memberikan output yang rendah jika salah, tetapi tidak keduanya, dari dua input yang tinggi. Simbol gerbang EXOR dengan lingkaran kecil pada output. Lingkaran kecil merupakan inversi.

NAND dan NOR berfungsi universal karena dengan salah satu AND dan OR fungsi dan tidak dapat dihasilkan.
Note:
Sebuah fungsi dalam jumlah bentuk produk dapat diimplementasikan dengan menggunakan gerbang NAND dengan mengganti semua AND dan gerbang OR dengan gerbang NAND.

Sumber : http://www.ee.surrey.ac.uk/Projects/CAL/digital-logic/gatesfunc/index.html

Tujuh IC yang digunakan pada Tujuh Gerbang Logika

IC untuk Gerbang AND













IC untuk Gerbang OR














IC untuk Gerbang NAND













IC untuk Gerbang NOR













IC untuk Gerbang XOR













IC untuk Gerbang XNOR













IC untuk Gerbang NOT












Sumber : http://www.learnabout-electronics.org/Digital/dig21.php

No comments:

Post a Comment