Sunday, March 1, 2015

Digital Fingerprinting

Apa itu Digital Fingerprinting? Digital Fingerprinting itu alat yang berfungsi untuk mengambil gambar sidik jari anda, dan memutuskan apakah pola alur sidik jari dari gambar yang diambil sama dengan pola alur sidik jari yang ada di database, sebenarnya ada beberapa cara untuk mengambil gambar sidik jari seseorang, namun salah satu yang paling banyak digunakan saat ini adalah optical scanning.

Proses scan mulai berlangsung saat anda meletakkan jari pada lempengan kaca dan sebuah kamera CCD mengambil gambarnya. Scanner memiliki sumber cahaya sendiri, biasanya berupa larik LED, untuk menyinari  alur sidik jari anda. Sebelum membandingkan gambar yang baru saja diambil dengan data yang telah disimpan, processor scanner memastikan bahwa CCD telah mengambil gambar yang jelas dengan cara melakukan pengecekan kegelapan pixel rata-rata, dan akan menolak hasil scan jika gambar yang dihasilkan terlalu gelap atau terlalu terang. jika gambar ditolak, scanner akan mengatur waktu pencahayaan, kemudian mencoba pengambilan gambar sekali lagi. Jika gambar sidik jari yang dihasilkan benar-benar tajam dan tercahayai dengan baik, barulah processor akan membandingkannya dengan gambar sidik jari yang ada dalam database.
Begitulah contoh prinsip kerja alat bersistem digital. Selanjutnya pembahasan mengenai Gerbang Logika Dasar

GERBANG LOGIKA DASAR TERDIRI DARI 7 JENIS

1. Gerbang AND

Gerbang AND memiliki dua bit input dan satu bit output. Subskrip, 2, menunjukkan berapa banyak masukan yang gerbang ini miliki. Sebagai contoh, AND 3 gerbang memiliki 3 input.
Output dari gerbang AND hanya 1 jika kedua input adalah 1. Jika tidak, output adalah 0.

                                                      
                                                             AND Logical Diagram
                                                               TABEL KEBENARAN               
                                                              AND Truth Table
                                                                     IC Gerbang AND
                                                          

2. Gerbang OR

Gerbang OR memerlukan 2 atau lebih Masukan (Input) untuk menghasilkan hanya 1 Keluaran (Output). Gerbang OR akan menghasilkan Keluaran (Output) 1 jika salah satu dari Masukan (Input) bernilai Logika 1 dan jika ingin menghasilkan Keluaran (Output) Logika 0, maka semua Masukan (Input) harus bernilai Logika 0.
    OR Logical Diagram 
    TABEL KEBENARAN
   OR Truth Table 
 IC Gerbang OR

3. Gerbang NOT

Gerbang NOT hanya memerlukan sebuah Masukan (Input) untuk menghasilkan hanya 1 Keluaran (Output). Gerbang NOT disebut juga dengan Inverter (Pembalik) karena menghasilkan Keluaran (Output) yang berlawanan (kebalikan) dengan Masukan atau Inputnya. Berarti jika kita ingin mendapatkan Keluaran (Output) dengan nilai Logika 0 maka Input atau Masukannya harus bernilai Logika 1. Gerbang NOT biasanya dilambangkan dengan simbol minus (“-“) di atas Variabel Inputnya.
NOT Logical Diagram
TABEL KEBENARAN 
NOT Truth Table 
IC Gerbang NOT



4. Gerbang NAND

Arti NAND adalah NOT AND atau BUKAN AND, Gerbang NAND merupakan kombinasi dari Gerbang AND dan Gerbang NOT yang menghasilkan kebalikan dari Keluaran (Output) Gerbang AND. Gerbang NAND akan menghasilkan Keluaran Logika 0 apabila semua Masukan (Input) pada Logika 1 dan jika terdapat sebuah Input yang bernilai Logika 0 maka akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 1.

NAND Logical Diagram 
TABEL KEBENARAN
NAND Truth Table 
IC Gerbang NAND


5. Gerbang NOR

Arti NOR adalah NOT OR atau BUKAN OR, Gerbang NOR merupakan kombinasi dari Gerbang OR dan Gerbang NOT yang menghasilkan kebalikan dari Keluaran (Output) Gerbang OR. Gerbang NOR akan menghasilkan Keluaran Logika 0 jika salah satu dari Masukan (Input) bernilai Logika 1 dan jika ingin mendapatkan Keluaran Logika 1, maka semua Masukan (Input) harus bernilai Logika 0.

NOR Logical Diagram 
TABEL KEBENARAN
NOR Truth Table 
IC Gerbang NOR



6. Gerbang XOR

XOR adalah singkatan dari Exclusive OR yang terdiri dari 2 Masukan (Input) dan 1 Keluaran (Output) Logika. Gerbang XOR akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 1 jika semua Masukan-masukannya (Input) mempunyai nilai Logika yang berbeda. Jika nilai Logika Inputnya sama, maka akan memberikan hasil Keluaran Logika 0.

XOR Logical Diagram 
TABEL KEBENARAN
XOR Truth Table 
IC Gerbang XOR




7. Gerbang XNOR

Seperti Gerbang XOR,  Gerbang XNOR juga terdiri dari 2 Masukan (Input) dan 1 Keluaran (Output). XNOR adalah singkatan dari Exclusive NOR dan merupakan kombinasi dari Gerbang XOR dan Gerbang NOT. Gerbang XNOR akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 1 jika semua Masukan atau Inputnya bernilai Logika yang sama dan akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 0 jika semua Masukan atau Inputnya bernilai Logika yang berbeda. Hal ini merupakan kebalikan dari Gerbang XOR (Exclusive OR).
XNOR Logical Diagram 
TABEL KEBENARAN
XNOR Truth Table 
IC Gerbang XNOR







No comments:

Post a Comment