Sunday, March 15, 2015

Penasaran gimana simulasi gerbang logika dasar? Cekidott~

Jika dipostingan saya yang lalu telah saya jelaskan apa dan bagaimana sih gerbang logika itu. Maka kali ini, saya akan menunjukkan gimana sih jalannya gerbang logika, gimana sih cara melihat apakah sirkuitnya udah benar apa belum?
Langsung aja ya ke point pertama. Cekidoooot.
Gerbang Logika AND

Gerbang logika AND adalah rangkain elektronik yang memberikan hasil high (1) hanya ketika semua input juga high (1), selain itu akan memberikan hasil low (0).



 

Gerbang Logika OR
Gerbang logika OR adalah rangkaian elektronik yang memberikan hasil output high (1) jika salah satu atau lebih inputan adalah high (1), sedangkan akan memberikan outputan low (0) jika semua inputannya low (0). Symbol (+) digunakan untuk menunjukkan operasi OR.




Gerbang Logika NOT
Gerbang logika NOT adalah sebuah sirkuit elektronik yang menghasilkan versi terbalik dari input pada output . Hal ini juga dikenal sebagai inverter . Jika variabel input adalah A , output terbalik dikenal sebagai NOT A. Hal ini juga ditunjukkan sebagai A ' , atau A dengan bar di atas , seperti yang ditunjukkan pada output . Diagram di bawah ini menunjukkan dua cara bahwa NAND gerbang logika dapat dikonfigurasi untuk menghasilkan sebuah gerbang NOT . Hal ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan NOR gerbang logika dengan cara yang sama .



  
 



Gerbang Logika EXOR
Pintu gerbang ' Exclusive - OR ' adalah sirkuit yang akan memberikan output high (1) jika salah satu dari dua input high (1).


 Video cara membuat sirkuit And, Or, Not, Exor :

No comments:

Post a Comment