Sunday, March 1, 2015

Gerbang Logika & TV Digital


TV DIGITAL

Pengertian TV Digital
Televisi Digital (DTV) adalah sebuah teknologi penyiaran canggih yang akan mengubah pengalaman menonton televisi Anda. DTV memungkinkan penyiaran untuk menawarkan televisi dengan gambar yang lebih baik dan kualitas suara. Hal ini juga dapat menawarkan beberapa pilihan program, yang disebut multicasting, dan kemampuan interaktif.

Transisi dari Analog Ke Digital
Perubahan tv analog ke digital di Amerika Serikat terakhir dijadwalkan berlangsung pada 17 Februari 2009, namun diundur supaya lebih banyak orang untuk membeli TV baru atau kotak konverter, untuk memungkinkan mereka melakukan transisi. Beberapa stasiun, namun beralih ke penyiaran digital pada bulan Februari 2009 bagaimanapun karena mereka sudah pernah dikontrak waktu untuk menyiarkan di pemancar digital.
Jika Anda telah melihat televisi di salah satu toko elektronik besar di Amerika Serikat akhir-akhir ini, Anda tahu bahwa TV digital, atau DTV, adalah masalah besar sekarang. Sebagian besar toko akan ditujukan untuk memiliki TV digital. 


Anda juga mendengar banyak tentang empat topik lainnya:
  • HDTV and HDTV broadcasts
  • Digital satellite services
  • Digital cable
  • DVDs and DVD players
Pada tanggal 12 Juni 2009, stasiun televisi di Amerika Serikat menyelesaikan transisi dari analog ke penyiaran digital. Konsumen menerima sinyal televisi lokal atas antena analog sekarang harus menggunakan kotak konverter untuk menerima program di TV mereka. Batas waktu ini mendorong kembali beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir karena ketidakmampuan kedua penyiar dan konsumen untuk memenuhi kriteria FCC untuk transisi sukses untuk penyiaran digital.


 
GERBANG LOGIKA
Sebuah gerbang logika adalah dasar blok bangunan dari sirkuit digital. kebanyakan gerbang logika memiliki dua input dan satu output. Pada saat tertentu, setiap terminal dalam salah satu dari dua kondisi biner rendah (0) atau tinggi (1), yang diwakili oleh level tegangan berbeda. Keadaan logika dari terminal dapat, dan umumnya tidak, sering berubah-ubah, karena data proses sirkuit. Dalam kebanyakan gerbang logika, keadaan rendah adalah sekitar nol volt (0 V), sedangkan keadaan tinggi adalah sekitar lima volt positif (+5 V).

Ada tujuh dasar gerbang logika: AND, OR, XOR, NOT, NAND, NOR, dan XNOR.

Gerbang AND
Gerbang AND dinamakan demikian karena, jika 0 disebut "false" dan 1 disebut "true," tindakan gerbang dengan cara yang sama seperti yang logis "dan" operator. Berikut ilustrasi dan tabel menunjukkan simbol sirkuit dan kombinasi logika untuk gerbang. (Dalam simbol, terminal input berada di kiri dan terminal output di sebelah kanan). Outputnya adalah "true" ketika kedua input adalah "true". sebaliknya, output adalah "false”. Gerbang AND menggunakan IC 7408.

Simbol Gerbang AND
 
Tabel Kebenaran
Input 1
Input 2
Output
 0
0
0
 0
1
 0
1
 0
 0
1
1
1
 IC yang digunakan

Gerbang OR
Gerbang OR mendapatkan namanya dari fakta bahwa ia berperilaku setelah mode logis inklusif "or". Output adalah "true" jika salah satu atau kedua input adalah "true". Jika kedua input "false", maka output adalah "false". Gerbang OR menggunakan IC 7432.
Simbol Gerbang OR
Tabel Kebenaran
Input 1
Input 2
Output
0
0
1
1
1
 0
1
1
1
1
IC yang digunakan

Gerbang XOR
Gerbang XOR atau eksklusif-OR gerbang bertindak dengan cara yang sama seperti logika "either/or". Output adalah "true” jika salah, tapi tidak keduanya, input yang "true". Output adalah "false" jika kedua masukan yang "false" atau jika kedua input adalah "true". Cara lain untuk melihat sirkuit ini adalah untuk mengamati jika outputnya 1 maka inputnay berbeda, tapi 0 jika input sama. Gerbang XOR menggunakan IC 7486.
Simbol Gerbang XOR
Tabel kebenaran
Input 1
Input 2
Output
 0
0
0
 0
1
1
1
 0
1
1
1

IC yang digunakan

Gerbang NOT
Sebuah inverter(pembalik) logis, kadang-kadang disebut gerbang NOT untuk membedakannya dari jenis-jenis perangkat inverter(pembalik) elektronik, hanya memiliki satu masukan. Ini membalikkan keadaan logika. Gerbang NOT menggunakan IC 7404.
Simbol Gerbang NOT
 Tabel Kebenaran
Input
Output
1
 0
 0
1
 IC yang digunakan

Gerbang NAND 
Gerbang NAND adalah kombinasi dari gerbang AND dengan gerbang NOT.Output adalah "false" jika kedua masukannya adalah "true." Jika tidak, output adalah "true". Gerbang ini menggunakan IC 7400.
Simbol Gerbang AND
Tabel Kebenaran
Input 1
Input 2
Output
0
1
1
1
1
0
1
1
1
 
IC yang digunakan
Gerbang NOR
Gerbang NOR adalah kombinasi gerbang OR dengan gerbang NOT. Outputnya adalah "true" jika kedua masukan yang "false". Jika tidak, output adalah "false". Gerbang nor menggunakan IC 7402.
 Simbol NOR
 Tabel Kebenaran
Input 1
Input 2
Output
 0
0
1
 0
1
0
1
 
1
1
0
 IC yang digunakan
Gerbang XNOR
Gerbang XNOR atau eksklusif-NOR gerbang adalah kombinasi dari gerbang XOR dengan gerbang NOT. Outputnya adalah "true" jika input yang sama, dan "false" jika input berbeda. Gerbang XNOR menggunakan IC 747266.
Simbol Gerbang XNOR
 Tabel Kebenaran
Input 1
Input 2
Output
0
1
0
1
0
1
 
0
1
1
1
 IC yang digunakan

Sumber :


No comments:

Post a Comment