Sunday, March 15, 2015

Mari Belajar Gerbang Logika

Gerbang logika atau gerbang logik adalah suatu entitas dalam elektronika dan matematika Boolean yang mengubah satu atau beberapa masukan logik menjadi sebuah sinyal keluaran logik. Gerbang logika terutama diimplementasikan secara elektronis menggunakan diode atau transistor, akan tetapi dapat pula dibangun menggunakan susunan komponen-komponen yang memanfaatkan sifat-sifat elektromagnetik (relay), cairan, optik dan bahkan mekanik.
Untuk mempraktekkan gerbang logika cukup menggunakan aplikasi offline yang sudah ada, yaitu "Winbreadboard" ada pula yang online, dan dapat diakses disitus http://123d.circuits.io.




Gerbang AND



Gerbang AND bernilai satu maka nilai output akan bernila satu juga dan jika memiliki  nilai nol pada salah satu kaki inputnya maka output akan bernilai nol hal ini berlaku pada gerbang AND yang memiliki jumlah input lebih dari dua. Gerbang AND berfungsi sebagai pengali nilai pada inputnya misalnya jika input memiliki nilai 1 dan 0 (1 . 0) maka output akan berlogika 0, jika nilai inputnya 1 semua (1 . 1) maka nilai output akan berlogka 1. Gerbang logika AND mempunyai 2 buah input dan satu buah output, contoh kode IC nya adalah 7408. 








Symbol dan Tabel Kebenaran Gerbang AND
                    


BreadBoard Gerbang AND



Schematic Gerbang AND


Winbreadboard Gerbang AND




Gerbang OR

Suatu gerbang OR akan menghasilkan sebuah keluaran logika 1 apabila salah satu atau semua saluran masukannya mendapatkan nilai logika 1. Rangkaian yang ditunjukkan oleh gambar 2-1 akan membantu dalam memahami konsep gerbang logika OR. IC gerbang ini adalah 7432





Symbol dan Tabel Kebenaran Gerbang OR




 BreadBoard Gerbang OR



Schematic Gerbang OR

Winbreadboard Gerbang OR






Gerbang NOT

Gerbang NOT hanya memilki satu saluran masukkan dan satu saluran keluaran. Keadaan keluaran gerbang NOT selalu berlawanan (kebalikan atau komplemen) dari keadaan masukkan.
Di dalam IC 7404 terdapat enam gerbang logika NOT yang dapat digunakan dan dan IC 7404 sendiri memiliki empat belas pin.



Symbol dan Tabel Kebenaran Gerbang NOT


BreadBoard Gerbang NOT

Schematic Gerbang NOT



WinBredboard Gerbang NOT


Gerbang XOR

Gerbang XOR merupakan kepanjangan dari Exclusive OR yang mana keluarannya akan berlogika 1 apabila inputannya berbeda, namun apabila semua inputanya sama maka akan memberikan keluarannya 0. IC yang digunakan 7486.


Symbol dan Tabel Kebenaran Gerbang XOR


BreadBoard Gerbang XOR 
Schematic Gerbang XOR
Winbreadboard Gerbang XOR


No comments:

Post a Comment