Monday, March 2, 2015

Komputer Digital dan 7 Gerbang Logika


Komputer Digital / Digital Computer
 
Komputer Digital atau Digital Computer merupakan salah satu perangkat yang mampu menyelesaikan masalah dengan mengolah informasi dalam bentuk diskrit, Komputer beroperasi pada data termasuk huruf dan simbol yang dinyatakan dalam bentuk binear yaitu menggunakan dua angka 0 dan 1, dengan menghitung, membandingkan, dan memanipulasi angka atau kombinasi sesuai dengan satu set perintah / instruksi yang dimiliki dalam memori komputer tersebut, komputer digital dapat melakukan kontrol proses produksi dan mengatur operasi mesin, serta fungsi lainya.

Pada umumnya system komputer digital memiliki empat elemen fungsional yaitu
  1.      1.Peralatan input – output (berupa keyboard / scanner / printer )
  2.      2.Memori utama
  3.      3.Unit control
  4.      4.Unit aritmatika - logika 
Proses kerja digital computer

        Informasi yang diterima oleh komputer dari unit input disimpan dalam memori utama atau jika tidak untuk segera digunakan maka akan disimpan dalam memori tambahan.Unit kontrol memilih dan memanggil instruksi dari memori secara berurutan sesuai dan relay perintah yang tepat untuk unit yang tepat. ALU ( Aritmatika Logika Unit) melakukan aritmatika dan logika algoritma yang dipilih untuk mengolah data yang masuk pada kecepatan yang sangat tinggi, dalam banyak kasus dalam nanodetik / miliar detik. Memori utama, unit control, dan ALU sama – sama membentuk central prosesing unit ( CPU ) dari sebagian besar system computer digital, sedangkan peralatan input – output dan unit penyimpanan tambahan merupakan peralatan peripheral ( perangkat keras yang terhubung ke komputer sebagai perangkat tambahan untuk keperluan tertentu ).


7 Gerbang Logika
Sistem digital dikatakan dibangun dengan menggunakan gerbang logika. Gerbang ini adalah AND, OR, NOT, NAND, NOR, EXOR dan EXNOR gerbang. Operasi dasar dijelaskan di bawah ini dengan bantuan tabel kebenaran.

1.      1. Gerbang AND / AND Gates
Gerbang AND adalah sirkuit elektronik yang memberikan output yang tinggi (1) hanya jika semua input yang tinggi. Sebuah titik (.) Digunakan untuk menunjukkan operasi AND yaitu AB .Ingatlah bahwa titik ini kadang-kadang dihilangkan yaitu AB.

ANSI simbol :
 
           
IEC simbol : 
 
            
 
 Boolean :
            A . B or A & B
            
 Tabel Kebenaran  :
INPUT
OUTPUT
A
B
A AND B
0
0
0
0
1
0
1
0
0
1
1
1
           




             






IC yang menggunakan gerbang AND : 
 


2.     2. Gerbang OR / OR gate
Gerbang OR adalah sirkuit elektronik yang memberikan output yang tinggi (1) jika satu atau lebih dari input yang tinggi. A plus (+) digunakan untuk menunjukkan operasi OR.

ANSI simbol :
 

IEC simbol :
Boolean :
A + B

Tabel Kebenaran :
INPUT
OUTPUT
A
B
A OR B
0
0
0
0
1
1
1
0
1
1
1
1




IC yang menggunakan gerbang OR :





3. Gerbang NOT / NOT gate
Gerbang NOT adalah sebuah sirkuit elektronik yang menghasilkan versi terbalik dari input pada output. Hal ini juga dikenal sebagai inverter. Jika variabel input adalah A, output terbalik dikenal sebagai NOT A. Hal ini juga ditunjukkan sebagai A ', atau A dengan bar di atas, seperti yang ditunjukkan pada output. Diagram di bawah ini menunjukkan dua cara bahwa NAND gerbang logika dapat dikonfigurasi untuk menghasilkan sebuah gerbang NOT. Hal ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan NOR gerbang logika dengan cara yang sama.

ANSI simbol :
 

IEC simbol :

Boolean :


~

 
Tabel Kebenaran :
INPUT
OUTPUT
A
NOT A
0
1
1
0









IC yang menggunakan gerbang NOT : 

 


4.      4. Gerbang NAND / NAND gate
Gerbang NAND ( NOT-AND ) gerbang yang sama dengan gerbang AND diikuti oleh gerbang NOT. Output dari semua gerbang NAND tinggi jika salah satu input yang rendah. Simbol gerbang NAND adalah simbol gerbang AND ditambahkan lingkaran kecil pada output. Lingkaran kecil merupakan inversi.

ANSI simbol :
 
IEC simbol :
Boolean :



Tabel Kebenaran :
INPUT
OUTPUT
A
B
A NAND B
0
0
1
0
1
1
1
0
1
1
1
0












IC yang menggunakan gerbang NAND : 
  





5. Gerbang NOR / NOR gate
Gerbang NOR ( NOT-OR ) gerbang yang sama dengan sebuah gerbang OR diikuti oleh gerbang NOT. Output dari semua gerbang NOR rendah jika salah satu input yang tinggi.
Simbol gerbang NOR adalah simbol gerbang OR ditambahkan lingkaran kecil pada output. Lingkaran kecil merupakan inversi.

ANSI simbol :
 

IEC simbol :



Boolean :
  atau 

Tabel Kebenaran :
INPUT
OUTPUT
A
B
A NOR B
0
0
1
0
1
0
1
0
0
1
1
0











IC yang menggunakan gerbang NOR :





6. Gerbang XOR / XOR gate
Gerbang XOR ( Exclusive-OR ) adalah sirkuit yang akan memberikan output yang tinggi jika salah, tetapi tidak keduanya, dari dua input yang tinggi. Sebuah lingkaran dengan tanda plus tepat di tengah (  ) ,digunakan untuk menunjukkan operasi XOR.

ANSI simbol :
IEC simbol :

Boolean :


Tabel Kebenaran :

INPUT
OUTPUT
A
B
A XOR B
0
0
0
0
1
1
1
0
1
1
1
0










IC yang menggunakan gerbang XOR :






7. Gerbang XNOR / XNOR gate
Gerbang XNOR ( Eksklusif - NOR) merupakan sirkuit gerbang kebalikan dari gerbang XOR, dimana akan memberikan output yang rendah jika salah, tetapi tidak keduanya, dari dua input yang tinggi. Simbol gerbang XNOR sama dengan XOR ditambahkan lingkaran kecil pada output. Lingkaran kecil merupakan inversi.

ANSI simbol :

IEC simbol :

Boolean :
  atau

Tabel Kebenaran :
INPUT
OUTPUT
A
B
A XNOR B
0
0
1
0
1
0
1
0
0
1
1
1











IC yang menggunakan gerbang XNOR : 

 
           
               

                Demikian penjelasan mengenai 7 Gerbang Logika, semoga informasi diatas bermanfaat bagi netizen sekalian dan saya ucapakan terima kasih atas perhatiannya. Seluruh informasi di atas merupakan olah data dari berbagai sumber dibawah ini :
http://www.learnabout-electronics.org/Digital/dig21.php

No comments:

Post a Comment