Sunday, March 15, 2015

Ingin Menguji Tabel Kebenaran Gerbang Logika Secara Virtual? You better see this!

Pasti sekarang kalian sedang bertanya-tanya; ‘Bagaimana mencobanya?’ ‘Apa saja yang dibutuhkan?’ ‘Memangnya bisa dicoba secara maya?’, dan jawabannya sudah pasti bisa! Sebelumnya, masih ingat kan gerbang logika itu apa? Yup! Gerbang logika merupakan dasar untuk membentuk rangkaian digital Untuk melakukan uji coba tabel kebenaran pada gerbang logika, kita bisa menggunakan aplikasi Winbreadboard yang bisa diunduh di sini atau melalui website 123D Circuit yang pastinya harus diakses secara online. Artikel kali ini akan membahas pengujian tabel kebenaran beberapa gerbang logika; AND, OR, NOT, XOR, yang akan diimplementasikan melalui dua cara tersebut.

1.   Gerbang AND

IC Gerbang AND
Pada uji coba tabel kebenaran gerbang AND akan digunakan IC 7408 yang terdiri dari 14 pin dengan 2 input dan 1 output, di dalam IC ini terdapat 4 gerbang AND yang bisa dilihat melalui gambar di atas, gambar tersebut juga sudah memperlihatkan dimana kita sebaiknya menyambungkan kabel positif dan ground, tau kan dimana? Yup! Ground untuk pin ke-7 dan positif untuk pin ke-14 (Vcc). Jangan lupa ya!

Just to remember:

Simbol Gerbang AND

Tabel Kebenaran Gerbang AND


Schematic:

Logic AND Gates’ Schematic based on 123D Circuits

Breadboard:

Logic AND Gates’ Breadboard based on 123D Circuits

Test on Winbreadboard Application:
Video


The Final Result of Logic AND Gates Test

2.   Gerbang OR
IC Gerbang OR
Uji coba tabel kebenaran untuk gerbang OR ini, akan digunakan IC 7432 masih sama dengan IC gerbang AND sebelumnya, IC ini juga terdiri dari 14 pin dengan 4 gerbang OR di dalamnya masing-masing memiliki 2 input dan 1 output. Jangan lupa untuk menyambungkan kabel ground pada pin ke-7 dan positif (Vcc) pada pin ke-14, ya!

Just to remember:

Simbol Gerbang OR

Tabel Kebenaran Gerbang OR
Schematic:

Logic OR Gates’ Schematic based on 123D Circuits

Breadboard:

Logic OR Gates’ Breadboard based on 123D Circuits

Test on Winbreadboard Application:
Video


The Final Result of Logic OR Gates Test

3.   Gerbang NOT
IC Gerbang NOT
Sedangkan untuk uji coba tabel kebenaran pada gerbang NOT bisa dilihat pada gambar di atas bahwa IC yang akan digunakan; IC 7404 dengan 14 pin terdiri dari 6 gerbang NOT di dalamnya dan masing-masing terdapat 1 input dan 1 output. Seperti IC gerbang AND dan OR, untuk pin ke-7 adalah ground dan pin ke-14 adalah Vcc.

Just to remember:

Simbol Gerbang NOT

Tabel Kebenaran Gerbang NOT

Schematic:
Logic NOT Gates’ Schematic based on 123D Circuits

Breadboard:
Logic NOT Gates’ Breadboard based on 123D Circuits

Test on Winbreadboard Application:
Video


The Final Result of Logic NOT Gates Test

4.   Gerbang XOR
IC Gerbang XOR
Nah! Last but not least, pada gerbang ini kita akan menggunakan IC 7486 yang memiliki 14 pin dengan 4 gerbang XOR di dalamnya, gerbang XOR ini memiliki 2 input dan 1 output. Masih sama dengan IC sebelumnya, untuk IC pada gerbang XOR ini kita bisa menyambuang ground pada pin ke-7 dan Vcc pada pin ke-14. Selamat mencoba!

Just to remember:

Simbol Gerbang XOR


Tabel Kebenaran Gerbang XOR

Schematic:
Logic XOR Gates’ Schematic based on 123D Circuits

Breadboard:
Logic XOR Gates’ Breadboard based on 123D Circuits

Test on Winbreadboard Application:
Video

The Final Result of Logic XOR Gates Test

Gimana? Mudah-kan caranya? Semua hanya butuh kemauan dan rasa ingin tau! Kalau kalian udah punya dua rasa itu, dipastikan ingin sekali mengeksplorasi apa yang telah dimuat dalam blog ini! Selamat mencoba! Keep reading and searching!

1 comment: