Sunday, March 15, 2015

Breadboard

Percobaan Rangkaian Logika Dasar AND, OR, XOR, NOT

Apa kabar guys? On this occasion, kita mau melakukan percobaan gerbang logika AND, OR, XOR, NOT dengan menggunakan aplikasi WinBreadboard dan kita juga mau melakukan percobaan disini.
Let us see!!! J

1. AND Gates
    Bila salah satu input bernilai 0 maka output akan bernilai 0". IC yang digunakan pada gerbang AND adalah 7408 Quad 2 input. Pada IC tersebut, memiliki 4 gerbang AND dengan masing-masing terdiri dari 2 input & 1 output.


Tabel Kebenaran AND

Schematic:
Breadboard:

Menggunakan WinBreadboard:


2. OR Gates

    Bila salah satu input bernilai 1 maka output akan bernilai 1". IC yang digunakan pada gerbang OR adalah 7432 Quad 2 input. Pada IC tersebut, memiliki 4 gerbang OR dengan masing-masing terdiri dari 2 input & 1 output.



Tabel Kebenaran OR
Schematic:

Breadboard:

Menggunakan WinBreadboard:




   3. XOR Gates

    Bila salah satu input berbeda maka output akan bernilai 1". IC yang digunakan pada gerbang XOR adalah 7486 Quad 2 input. Pada IC tersebut, memiliki 4 gerbang XOR dengan masing-masing terdiri dari 2 input & 1 output.

Tabel Kebenaran XOR
Schematic:

Breadboard:

Menggunakan WinBreadboard:



    4. NOT Gates

    Gerbang NOT akan menghasilkan output yang berkebalikan dengan input. IC yang digunakan pada gerbang NOT adalah 7404 Hex Inv Pada IC tersebut, memiliki 6 gerbang NOT dengan masing-masing terdiri dari 1 input & 1 output.

Tabel Kebenaran NOT

Schematic:

Breadboard:

Menggunakan WinBreadboard:


    
Well, that's all from me, I hope this article can be useful. Thankyou. J
    

No comments:

Post a Comment