Monday, March 16, 2015

YUK BELAJAR GERBANG LOGIKA DASAR

1. AND
Gerbang logika AND (Dan). 0 disebut “salah” dan 1 disebut “benar”, gerbang logika AND akan berlogika 1 atau keluarannya akan berlogika 1, apabila semua masukan inputannya berlogika  1, namun apabila salah satu masukkannya ada yang berlogika 0 maka keluaraannya akan berlogika 0.








Schematic Breadboard
 
Winbreadboard

Video

2. OR

Gerbang OR (atau)  outputannya adalah "benar" jika salah satu atau kedua masukan adalah "benar". Namun jika Kedua input "salah", maka output adalah 0 atau “salah”.
Schematic

Breadboard Winbreadboard

Video


 3. NOT


Pembalik logika atau kadang disebut gerbang NOT, yang membedakan dengan yang lainnya adalah tipe ini berfungsi membalikan nilai dan hanya memiliki satu input. Yang mana outputnya akan bernilai terbalik dengan inputannya.

  Schematic
 
Breadboard


Winbreadboard

Video

4. XOR


(eksklusif-OR) gerbang bertindak dengan cara yang sama seperti logika " atau".  Output adalah "BENAR" apabila inputannya berbeda.  Output adalah "SALAH" jika kedua inputan bernilai  "salah" atau jika kedua input bernilai  "benar." Cara lain untuk melihat sirkuit itu adalah untuk mengamati output adalah 1 jika input berbeda, tapi 0 jika input yang sama.
Schematic
Breadboard

Winbreadboard

Video

 

No comments:

Post a Comment