Monday, April 11, 2016

SEDERHANAKAN RANGKAIAN LOGIKA YUK!


Ketika terdapat sebuah permasalahan dan diperintah untuk menyederhanakannya menggunakan k-map, mungkin sebagian dari anda bingung dengan hal seperti ini. Tapi sekarang tidak perlu memusingkan hal seperti itu lagi, Di sini saya akan memberi contoh dari penyelesaian suatu permasalahan lalu menyederhanakannya dengan metode k-maps dari persamaan yang telah ada.

SULIT? TENANG!
Ini hanya proses belajar...
Yuk, simak ulasannya!

K-Map ( Karnaugh Map )
Karnaugh Map atau yang biasanya disebut dengan K-Map adalah suatu teknik penyederhanaan fungsi logika dengan cara pemetaan. K-Map terdiri dari kotak-kotak yang jumlahnya terdiri dari jumlah variable dan fungsi logika atau jumlah inputan dari rangkaian logika yang sedang kita hitung. Rumus untuk menentukan jumlah kotak pada K-Map adalah 2n n adalah banyaknya variabel / inputan.

Contoh tabel input 4 variabel

Terdapat sebuah permasalahan seperti di bawah ini:
Sebuah pabrik kimia memerlukan alarm untuk menandai terjadinya kondisi kritis pada salah satu tankinya. Masing-masing tanki mempunyai 4 buah switch HIGH/LOW yang memonitor :
1. Temperatur (T)                                2. Level Fluida (L)
3. Tekanan (P)                                     4. Bobot (W)

Desain sistem yang bisa mengaktifkan alarm jika kondisi-kondisi di bawah ini terjadi:
1.      Level Fluida, Temperatur dan Tekanan adalah HIGH.
2.      Level Fluida LOW, Tekanan dan Bobot HIGH.
3.      Level Fluida dan Temperatur LOW, Tekanan HIGH
4.      Level Fluida dan Bobot LOW, Temperatur HIGH.

Jawab :
Terdapat langkah untuk menyelesaikan permasalahan seperti di atas:
1.      Penjabaran Ide
Alarm bisa aktif jika kondisi-kondisi seperti dibawah ini :
1.         Level Fluida, Temperatur dan Tekanan adalah HIGH.
2.         Level Fluida LOW, Tekanan dan Bobot HIGH.
3.         Level Fluida dan Temperatur LOW, Tekanan HIGH
4.         Level Fluida dan Bobot LOW, Temperatur HIGH.

2.      Menentukan Variable
Input :
1. Temperatur (T)                                2. Level Fluida (L)
3. Tekanan (P)                                     4. Bobot (W)

Output :
Alarm (X)

3.      Implementasi dalam tabel kebenaran
Temperature (T)
HIGH  : 1
LOW   : 0
Level Fluida (L)
HIGH  : 1
LOW   : 0
Tekanan (P)
HIGH  : 1
LOW   : 0
Bobot (W)
HIGH  : 1
LOW   : 0

4.      Penyederhanaan persamaan menggunakan K-Maps
Tabel Kebenaran:

5. Penyederhanaan fungsi boolean menggunakan METODE K-MAPS

Persamaan Hasil Penyederhanaan




Gambar Rangkaian Logika

Implementasi dalam gerbang logika



Implementasi pada WinBreadBoard




sumber:
http://freesoftandgamemarket.blogspot.co.id/2013/10/k-map-dan-cara-menyederhanakan-rumus.html

No comments:

Post a Comment