PENYEDERHANAAN RANGKAIAN LOGIKA
(MENGGUNAKAN K-MAP)
Artikel saya
kali ini akan membahas tentang "Bagaimana caranya membuat sebuah rangkaian
logika sederhana melalui persamaan Boolean dan Tabel Kebenaran dan Bagaimana
caranya menggunakan K-map untuk memecahkan persoalan desain rangkaian logika
sederhana ????".
Mari kita
simak bersama-sama !
Sebelumnya,
kita harus mengenal K-Map terlebih dulu. Apakah kalian tahu apa itu K-Map ??
Jawab saja "belum" , hehee..
KARNAUGH MAP
Karnaugh Map (K-Map) adalah suatu peralatan
grafis yang digunakan untuk menyederhanakan persamaan logika atau
mengkonversikan sebuah tabel kebenaran menjadi sebuah rangkaian logika. K-Map
adalah satu metode
penyerdehanaan sebagai pengganti aljabar boolean. Penggunaan karnaugh map akan
lebih mempermudah menemukan bentuk sederhana dari suatu persamaan.
Gambar diatas merupakan contoh dari
aplikasi Karnaugh Map
Langkah-langkah penyederhanaan yang harus diperhatikan antara lain:
a. Penjabaran ide.
b. Menentukan variabel input dan output.
c. Membuat tabel kebenaran.
d. Menyederhanakan tabel kebenaran.
e. Membuat rangkaian.
Untuk lebih lanjutnya, kita kerjaan sebuah contoh kasus berikut :
Untuk lebih lanjutnya, kita kerjaan sebuah contoh kasus berikut :
Contoh Kasus :
Sebuah pabrik kimia memerlukan alarm untuk
menandai terjadinya kondisi kritis pada salah satu tankinya. Masing-masing
tanki mempunyai 4 buah switch HIGH/LOW yang memonitor :
1. Temperatur (T) 2. Level Fluida (L)
3. Tekanan (P) 4. Bobot (W)
Disain sistem yang bisa mengaktifkan alarm jika
kondisi-kondisi di bawah ini terjadi:
1. Level Fluida, Temperatur dan Tekanan adalah
HIGH.
2. Level Fluida LOW, Tekanan dan Bobot HIGH
3. Level Fluida dan Temperatur LOW, Tekanan HIGH
4. Level Fluida dan Bobot LOW, Temperatur HIGH.
Penyelesaian :
a.
Penjabaran Ide
Alarm akan menyala jika terdapat beberapa kondisi, seperti berikut :
1. Level Fluida, Temperatur dan Tekanan adalah HIGH.
2. Level Fluida LOW, Tekanan dan Bobot HIGH
3. Level Fluida dan Temperatur LOW, Tekanan HIGH
4. Level Fluida dan Bobot LOW, Temperatur HIGH.
b.
Menentukan variabel input dan output
Input :
1. Temperatur
(T) 2. Level Fluida
(L)
3. Tekanan (P) 4. Bobot (W)
Output :
Alarm Menyala (X)
Menentukan Kondisi Variabel
Input dan Output
Misal :
Tekanan
T (High) = 1 T
(Low) = 0
Level Fluida
L (High) = 1 L (Low) = 0
Tekanan
P (High) = 1 P (Low) = 0
Bobot
W (High) = 1 W (Low) = 0
Alarm
X(Menyala) = 1 X (Mati) = 0
c.
Membuat tabel kebenaran
T
|
L
|
P
|
W
|
X
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
d.
Menyederhanakan tabel kebenaran
T
|
L
|
P
|
W
|
X
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
Dari tabel diatas, kita dapat memperoleh
SOP (Sum Of Product) :
Penyederhanaan menggunakan Karnaugh
Maph(K-Map)
Dari tabel K-Map diatas, kita dapat
penyederhanaannya :
e.
Membuat rangkaian
1.
Gambar Rangkaian Logika
X = TL’W’ + L’P + TP
2.
Rangkaian Pada Winbreadboard
No comments:
Post a Comment