K-Map berasal dari nama penemunya Maurice
Karnaugh dan merupakan singkatan dari Karnaugh Map, salah satu cara alternatif
untuk menyederhanakan rangkaian gerbang logika selain
menggunakan aljabar Boolean, dengan menggunakan
K-Map kita dapat menyederhanakan rangkaian logika
yang berasal dari tabel kebenaran dan
aljabar Boolean SOP (Sum Of Product) / POS (Product Of Sum)
dengan output 0 atau 1 yang dimasukkan ke dalam
peta Karnaugh. K-Map lebih praktis untuk jumlah variabel yang kurang dari 6,
dan dengan menggunakan K-Map dapat dihasilkan persamaan elementer (tidak dapat
disederhanakan lagi).
Prosedur dalam pemakaian K-Maps
adalah :
a. Konversikan persamaan Boolean yang diketahui ke dalam bentuk
persamaan SOP-nya (Sum of Product). Gunakan Tabel Kebenaran
sebagai alat bantu.
b. Gambarlah
K-map, dengan jumlah sel = 2jumlah variabel input
c.
Isi sel K-map sesuai dengan minterm pada Tabel Kebenaran
d. Cover
minterm-minterm bernilai 1 yang berdekatan, dengan aturan :
· Hanya minterm berdekatan secara vertikal atau horizontal yang
boleh di-cover.
· Jumlah minterm berdekatan yang boleh di-cover adalah : 2. 4, 8,
16, 32
e. Buat
persamaan SOP baru sesuai dengan hasil peng-cover-an minterm.
Berikut adalah langkah merancang rangkaian logika :
1. Penjabaran Ide
2. Menentukan jumlah variable input dan output yang dibutuhkan
3. Mengimplementasikan ide kedalam tabel kebenaran
4. Penyederhanaan fungsi boolean
5. Implementasi ke dalam rangkaian logikaContoh Soal dan Pembahasan :
Jawab :
Langkah - langkah penyederhanaan :
A. Penjabaran Ide
- Level Fluida, Temperatur dan Tekanan adalah HIGH.
- Level Fluida LOW, Tekanan dan Bobot HIGH
- Level Fluida dan Temperatur LOW, Tekanan HIGH
- Level Fluida dan Bobot LOW, Temperatur HIGH.
B. Menentukan jumlah variable input dan output yang dibutuhkan
- 4 Input
1. Temperatur
2. Level Fluida
3. Tekanan
4. Bobot
- 1 Output
C. Mengimplementasikan ide ke dalam tabel kebenaran
D. Penyederhanaan fungsi boolean
Sehingga penyederhanaannya menjadi :
E. Gambar rangkaian logika
1. Implementasi rangkaian gerbang logika
2. Implementasi pada WinBreadBoard
No comments:
Post a Comment