Saturday, February 28, 2015

Money Counting Machine

Istilah digital telah menjadi bagian dari perbendaharaan kata kita sehari-hari. Sistem digital telah menjadi sedemikian luas hampir semua bidang kehidupan, dari komputer, piranti otomatis, robot, ilmu dan teknologi kedokteran sampai kepada transportasi, hiburan, penjelajah ruang angkasa dan banyak lagi.
Sistem Digital adalah sistem elektronika yang setiap rangkaian penyusunnya melakukan pengolahan sinyal diskrit. Sistem Digial terdiri dari beberapa rangkaian gigital / logika, komponen elektroika, dan elemen gerbang logika untuk suatu tujuan pengalihan tenaga / energi. Sistem Digital adalah suatu sistem yang berfungsi untuk mengukur suatu nilai yang bersifat tetap atau tidak teratur dalam bentuk diskrip berupa digit-digit atau angka-angka, contohnya bilangan integer dan pecahan.

Money Counting Machine
Coin Counter
Money Counting Machine adalah mesin yang digunakan untuk menghitung jumlah uang, baik tumpukan uang kertas atau koleksi koin. Money Counting Machine mungkin murni mekanis atau menggunakan komponen elektronik. Mesin biasanya menyediakan jumlah total semua uang, atau menghitung dari ukuran batch khusus untuk membungkus dan penyimpanan.

Money Counting Machine yang umum digunakan dalam penjualan adalah untuk menentukan apa jumlah uang yang telah disetorkan oleh pelanggan.
Money Counting Machine


Dalam beberapa mesin teller otomatis modern, Money Acounter memungkinkan untuk deposito tunai tanpa amplop, karena mereka dapat mengidentifikasi tagihan telah dimasukkan bukan hanya berapa banyak. Pengguna diberi kesempatan untuk meninjau ide counter otomatis tentang kuantitas dan jenis uang kertas yang dimasukkan sebelum deposit selesai.






Gerbang Logika
Gerbang Logika adalah suatu system yang membangun system digital. Ada 7 gerbang logika dasar yang perlu diketahui yaitu AND, OR, NOT, NAND, NOR, EXOR dan EXNOR gerbang. Operasi dasar dijelaskan di bawah ini dengan bantuan tabel kebenaran

AND gate
Gerbang AND adalah sirkuit elektronik yang memberikan output yang tinggi (1) hanya jika semua input yang tinggi. Sebuah titik (.) digunakan untuk menunjukkan operasi AND yaitu AB.

(Jika ada masukan yang bernilai false (0), maka hasil output akan menjadi false (0). Dan jika kedua masukan bernilai true (1)  maka output menjadi true (1))

IC TTL 7408


OR gate  

Gerbang OR adalah sirkuit elektronik yang memberikan output yang tinggi (1) jika satu atau lebih dari input yang tinggi. Plus (+) digunakan untuk menunjukkan operasi OR.


(Jika masukan bernilai false (0) dua duanya maka output akan bernilai false (0) pula. Jika salah satukan masukan bernilai true (1) maka hasil output juga akan bernilai true (1))
 IC TTL 7432


NOT gate   
Gerbang NOT adalah sebuah sirkuit elektronik yang menghasilkan versi terbalik dari input pada output. Hal ini juga dikenal sebagai inverter. Jika variabel input adalah A, output terbalik dikenal sebagai NOT A.

(Jika masukan bernilai false (0) maka keluaran bernilai true (1). Jika masukan bernilai true (1) maka keluaran bernilai false (0))

IC TTL 7404


NAND gate
Ini adalah gerbang NOT-AND yang mana sama dengan gerbang AND dan diikuti oleh gerbang NOT. Output dari semua gerbang NAND tinggi jika salah satu input yang rendah. Simbol adalah gerbang AND dengan lingkaran kecil pada output. Lingkaran kecil merupakan inversi.

(Jika salah satu atau kedua masukan bernilai false (0) maka output akan bernilai true (1). Dan jika kedua output bernilai true (1) maka outputnya bernilai false (0))

IC TTL 7400



NOR gate
Ini adalah gerbang NOT-OR yang mana sama dengan gerbang OR yang diikuti oelh gerbang NOT. Output dari semua gerbang NOR rendah jika salah satu input yang tinggi. Simbol adalah sebuah gerbang OR dengan lingkaran kecil pada output. Lingkaran kecil merupakan inversi.

(Jika salah satu atau kedua masukan bernilai true (1) maka keluaran yang dihasilkan adalah false (0). Jika kedua masukan bernilai false (0) maka output akan bernilai true (1))
IC TTL 7402


EXOR gate
Gerbang 'Exclusive-OR' adalah sirkuit yang akan memberikan output yang tinggi jika salah, tetapi tidak keduanya, dari dua input yang tinggi. Dikelilingi tanda plus () digunakan untuk menunjukkan operasi EOR.

(Jika kedua masukan nilainya berbeda maka outputnya adalah true (1). Jika kedua masukan nilainya sama maka outputnya adalah false (0))

IC TTL 7486

EXNOR gate
Gerbang 'Eksklusif-NOR' adalah gerbang yang menunjukan kebalikan kepada gerbang EOR. Ini akan memberikan output yang rendah jika salah, tetapi tidak keduanya, dari dua input yang tinggi. Simbol adalah gerbang EXOR dengan lingkaran kecil pada output. Lingkaran kecil merupakan inversi.

(Jika kedua masukan nilainya berbeda maka outputnya adalah false (0). Jika kedua masukan bernilai sama maka outputnya adalah true (1))

IC TTL 74266.

NAND dan NOR disebut fungsi yang universal karena dengan salah satu AND dan OR fungsi dan tidak dapat dihasilkan.
Catatan:
Sebuah fungsi dalam jumlah bentuk produk dapat diimplementasikan dengan menggunakan gerbang NAND dengan mengganti semua AND dan gerbang OR dengan gerbang NAND.
Sebuah fungsi dalam produk bentuk jumlah dapat diimplementasikan dengan menggunakan gerbang NOR dengan mengganti semua AND dan gerbang OR dengan gerbang NOR.


Sumber : http://www.ee.surrey.ac.uk/Projects/CAL/digital-logic/gatesfunc/index.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Currency-counting_machine
http://www.slideshare.net/satyaJoshi1/logic-gates-and-or-not-nor-nand-xor-xnor-gates-35078548
http://www.slideshare.net/chappidi_saritha/digital-logic-gates-and-boolean-algebra?related=1
http://www.slideshare.net/NewportEng2010/logic-gates-6720049?related=1

No comments:

Post a Comment