Saturday, February 28, 2015

7 Gerbang Logika

7 Gerbang Logika
Sistem digital bisa dikatakan dibangun dengan menggunakan gerbang logika. Gerbang ini adalah AND, OR, NOT, NAND, NOR, EX-OR dan EX-NOR. Operasi dasar tersebut dijelaskan dibawah ini dengan bantuan tabel kebenaran.
  1. AND gate


Gerbang AND adalah sirkuit elektronik yang memberikan output yang tinggi (1) hanya jika semua input yang tinggi. Sebuah titik (.) digunakan untuk menampilkan operasi AND yaitu A.B. Ingatlah bahwa titik itu kadang-kadang dihilangkan yaitu AB.

   2.  OR gate

Gerbang OR adalah sirkuit elektronik yang memberikan output yang tinggi (1) jika satu atau lebih dari input yang tinggi. Positif (+) digunakan untuk menampilkan operasi OR. 

   3.  NOT gate

Gerbang NOT adalah sirkuit elektronik yang menghasilkan versi terbalik dari input pada output. Hal ini juga dikenal sebagai inverter. Jika variabel input adalah A, maka inverter outputnya dikenal sebagai NOT A. Hal ini bisa ditunjukkan sebagai A’, atau A dengan bar diatas, seperti yang ditunjukkan pada output. Diagram dibawah ini menunjukkan dua cara bahwa NAND gerbang logika dapat dikonfigurasi untuk menghasilkan sebuah gerbang NOT. Hal ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan NOR gerbang logika dengan cara yang sama.


  4.  NAND gate
Ini adalah gerbang NOT-AND yang sama dengan sebuah gerbang AND yang diikuti oleh gerbang NOT. Output dari semua gerbang NAND tinggi jika salah satu input yang rendah. Simbol gerbang AND dengan lingkaran kecil pada output. Lingkaran kecil merupakan inversi.

5. NOR gate

Ini adalah gerbang NOT-OR yang sama dengan gerbang OR diikuti oleh gerbang NOT. Output dari semua gerbang NOR rendah jika salah satu input yang tinggi. Simbol dari gerbang OR dengan lingkaran kecil pada output. Lingkaran kecil merupakan inversi.

6. EX-OR gate


Gerbang 'Exclusive-OR' adalah sirkuit yang akan memberikan output yang tinggi jika salah, tetapi tidak keduanya, dari dua input yang tinggi. Sebuah tanda plus () digunakan untuk menunjukkan operasi EX-OR.

7. EX-NOR gate

 
Gerbang EX-NOR sirkuit tidak sebaliknya ke gerbang EX-OR. Ini akan memberikan output yang rendah jika salah, tetapi tidak keduanya, dari dua input yang tinggi. Gerbang EXOR simbolnya adalah dengan lingkaran kecil pada output. Lingkaran kecil merupakan inversi.
Gerbang NAND dan NOR disebut fungsi yang universal karena dengan salah satu fungsi AND dan OR dan NOT dapat dihasilkan.

Catatan :
Sebuah fungsi dalam jumlah bentuk produk dapat diimplementasikan dengan menggunakan gerbang NAND dengan mengganti semua AND dan gerbang OR dengan gerbang NAND.
Sebuah fungsi dalam produk bentuk jumlah dapat diimplementasikan dengan menggunakan gerbang NAND dengan mengganti semua AND dan gerbang OR dengan gerbang NAND.






Multimeter Digital

Multimeter digital / DDM (Digital Multi-Meter) adalah alat penting dalam setiap penggemar elektronika. Anda dapat menggunakan multimeter untuk mengukur tegangan DC dan AC (voltmeter), arus DC (amperemeter), resistensi / hambatan (ohmmeter), kontinuitas, dan uji dioda.
Sebuah multimeter merupakan perangkat genggam yang berguna untuk menemukan kesalahan dan pekerjaan lapangan, maupun perangkat yang dapat mengukur dengan derajat ketepatan yang sangat tinggi.
Dengan multimeter digital ini anda dapat mengukur Tegangan DC dari 200mV ke 600V, 200V AC Voltage dan 600v, DC Current antara 200uA ke 10A, dan Daya tahan dari 0 sampai 20M Ohm.
Termasuk:
 1 x Digital Multimeter
 1 x 9V Battery
 2 x Pengujian Probe
Fitur:
DC Voltage - 200mV / 2V / 20V / 200V / 600V
AC Voltage - 200V / 600V
DC Current - 200uA / 20mA / 200mA / 10A
Daya tahan - 0 20M Ohm
Continuity Buzzer
Diode Tes
Max Tampilan: 1999

Sumber :
https://www.sparkfun.com/products/12966

No comments:

Post a Comment