Gerbang logika AND (Dan). 0 disebut “salah” dan 1 disebut “benar”, gerbang logika AND akan berlogika 1 atau keluarannya akan berlogika 1, apabila semua masukan inputannya berlogika 1, namun apabila salah satu masukkannya ada yang berlogika 0 maka keluaraannya akan berlogika 0.
Winbreadboard
Video
2. OR
Gerbang OR (atau) outputannya adalah "benar" jika salah satu atau kedua masukan adalah "benar". Namun jika Kedua input "salah", maka output adalah 0 atau “salah”.
Schematic
Breadboard Winbreadboard
Video
3. NOT
Pembalik logika atau kadang disebut gerbang NOT,
yang membedakan dengan yang lainnya adalah tipe ini berfungsi membalikan nilai
dan hanya memiliki satu input. Yang mana outputnya akan bernilai terbalik
dengan inputannya.
SchematicBreadboard
Winbreadboard
Video
4. XOR
(eksklusif-OR) gerbang bertindak
dengan cara yang sama seperti logika " atau". Output adalah "BENAR" apabila
inputannya berbeda. Output adalah "SALAH" jika kedua inputan bernilai "salah" atau jika kedua input bernilai "benar." Cara lain untuk melihat
sirkuit itu adalah
untuk mengamati output adalah 1 jika input berbeda, tapi 0 jika input yang sama.
SchematicBreadboard
No comments:
Post a Comment